Sabtu, 01 September 2012

Alternatif Jalur Menuju Lokasi Pantai Indrayanti

Siapa yang tidak mengenal Indrayanti, pantai elok berpasir putih yang saat ini ramai dibicarakan para wisatawan. Pantai dengan nama resmi Pulang Syawal ini semakin hari kian populer dan menggugah minat wisatawan untuk berkunjung. Akan tetapi tidak sedikit yang belum tahu lokasinya. Nah, untuk membantu sobat sekalian, berikut Blogger Gundul sajikan alternatif jalur menuju lokasi Pantai Indrayanti tersebut.

Berdasarkan peta yang Blogger Gundul buat secara manual ini, beberapa informasi penting mungkin sobat butuhkan ketika ingin mengunjungi Pantai Pulang Syawal atau Indrayanti. Umumnya, wisatawan yang akan berkunjung ke pantai ini bingung menentukan jalur mana yang akan diambil agar perjalanan terasa aman dan nyaman. Untuk itu, dengan penjelasan berikut, Blogger Gundul berharap sobat dapat menikmati indahnya pantai berpasir putih Pulang Syawal, atau lebih dikenal dengan Indrayanti tersebut tanpa harus pusing memikirkan rute.

Dari Yogya 
Dari arah Yogya, sobat dapat mengambil jalur kota maupun jalur selatan. Titik persimpangan antara kedua jalur tersebut dapat sobat temukan di pertigaan Gading atau yang juga dikenal dengan pertigaan Lapangan AAU Gading. Untuk jalur kota Wonosari, sobat harus mengambil arah lurus atau kiri, melewati kota kabupaten Gunungkidul dan mengambil arah menuju Baron. Sementara itu, jika sobat ingin mengambil jalur selatan, pada pertigaan Gading, sobat dapat mengambil arah kanan dan lurus menuju Kecamatan Playen- Paliyan. 

Jalur Selatan
Jalur Selatan ini dapat sobat telusuri mulai dari pengambilan arah kanan dari pertigaan AAU Gading. Sobat akan melewati Kecamatan Playen menuju Kecamatan Paliyan. Antara pertigaan Gading hingga Kecamatan Paliyan, hendaknya sobat hati-hati karena jalannya cukup sempit dan bergelombang. Meski lalu lintas umumnya tidak terlalu padat, pada hari-hari libur, jalur ini mulai ramai dipenuhi bis-bis wisatawan yang juga akan menuju kawasan pantai. 

Setelah sampai Pasar Paliyan, sobat ambil arah kiri, dan di depan Polsek Paliyan, sobat ambil arah kanan menuju Trowono. Jika sobat ingin membeli belalang, di jalan antara Paliyan dan Trowono inilah tempat mangkal para penjual belalang. Nah, untuk menuju kawasan pantai, sobat harus mengambil arah kiri ketika sampai di pertigaan Trowono, menuju pertigaan Tanjungsari, dan kekanan menuju kawasan pantai.

Jalur Kota Wonosari
Pada dasarnya, jika sobat ingin memakai jalur Kota Wonosari, pada pertigaan Gading, sobat dapat terus berjalan lurus (kiri) dan menuju ke Bunderan Siyono. Pada titik ini, sobat dapat memilih melewati pusat kota dengan berjalan lurus atau mengambil rute Ring Road di arah kanan. Tujuan kedua rute ini sama-sama menuju pertigaan Mulo, dimana sobat akan dihadapkan lagi pada dua pilihan jalur, yakni Jalur Tepus dan Tanjungsari.

Arah Tanjungsari
Dari pertigaan Mulo, sobat harus mengambil arah lurus kearah Tanjungsari, dimana sobat akan bertemu dengan pertigaan yang terhubung dengan jalur dari arah Trowono (Jalur Selatan). Pada titik ini sobat dapat berjalan lurus, langsung menuju kawasan pantai. Dimulai dari Pantai Baron, Kukup, Drini, Krakal, Sundak, dan paling ujung Indrayanti atau Pulang Syawal, sobat akan disuguhi pemandangan khas kawasan karst dengan perbukitan menjulang dan jalanan yang berliku.

Arah Tepus
Jika sobat mengambil jalur Tepus, pemandangan perbukitan karst dan perdesaan Tepus juga akan mewarnai perjalanan sobat. Sobat akan melewati pusat Kota Kecamatan Tepus hingga akhirnya akan menemukan pertigaan Tepus, dengan arah kiri menuju Pantai Wediombo dan Siung, sementara arah kanan menuju ke Indrayanti atau Pulang Syawal. Ambilah arah kanan karena setelah sekitar 5 km, sobat akan tiba di Pantai Indrayanti.

Itulah sekilas tentang alternatif jalur menuju lokasi Pantai Indrayanti yang dapat sobat tempuh sebelum menikmati indahnya pasir putih nan bersih dengan pemandangan alam pantai yang menggugah rasa syukur kita. Jika dalam perjalanan menuju lokasi tersebut sobat masih bingung menentukan arah, hafalkan titik-titik persimpangan tersebut dan tanyakan kepada warga yang sobat temui. Semoga bermanfaat, salam.

0 komentar:

Poskan Komentar